Penggunaan Will vs Be Going To

Penggunaan Will vs Be Going To

Penggunaan will dan be going to untuk membicarakan kegiatan kedepannya atau biasa disebut kegiatan yang akan datang. Will dan be going to seterjemahkan AKAN. Namun sebetulnya terdapat perbedaan yang jelas diantara keduannya.

Will (akan) digunakan ketika kita memutuskan untuk melakukan sesuatu disaat kita membicarakannya. Pembicara belum memutuskan hal tersebut sebelumnya.

Contoh:

Kiki: Yuda, what is next. We are loss now. (Yuda, bagaimana selanjutnya. Kita tersesat sekarang)

Yuda: We will wait them  here. (Kita akan tunggu mereka disini)

Dalam pembicaraan diatas  terlihat bahwa Yuda menggunaka kata will untuk memutuskan apa yang akan dia lakukan lagi. Kepetusan untuk apa yang akan dilakukan tersebut tidak direncanakan atau belum direncanakan sebelumnya.

Be Going To (akan) digunakan  ketika kita mengungkapkan kegiatan, rencana  atau tersebut dimasa sudah direncanakan sebelumnnya. Keputusan yang dibuat tersebut sudah terencana sebelummnya.

Contoh:

Tom isn’t free on Saturday. He is going to go to the library. (Tom tidak libur di hari Minggu. Dia akan pergi keperpustakaan)

Pembicara mengatakan Tom akan pergi ke perpustakaan karena memang sebelum pembicara mengungkan hal tersebut, Tom sudah punya rencana akan pergi ke perpustakaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *