Guessing Words Meaning

Guessing Words Meaning

GUESSING WORDS MEANING

Kemampuan menebak kata adalah penting bagi pembelajar bahasa Inggris pada khususnya karena strategi ini efektif dengan berbagai macam pertimbangan:

  • Cepat dan pembaca tidak terganggu kegiatan membacanya.
  • Membantu meningkatkan pemahaman dalam membaca karena pembaca tetap fokus pada isi bacaan yang sedang dibaca
  • Membantu membangun kosakata karena cenderung lebih mengingat kata yang ditebak
  • Membuat pembaca lebih menikmati kegiatan membaca karena tidak perlu berhenti sebentar-sebentar.

Memprediksi atau menebak makna kata, penting dalam kegiatan membaca karena cara ini memiliki banyak keuntungan bagi pembaca, khususnya pembelajar bahasa asing yang sangat bergantung pada kamus untuk meningkatkan kosa katanya.

STRATEGI MENEBAK KATA

1. Contextual Guessing/ BerdasarkanKonteks

Teknik memperoleh makna kata sulit didalam teks dapat dilakukan dengan cara melihat konteks, yang dikenal dengan contextual guessing atau context identification atau penggunaan petunjuk konteks.  Dalam hal ini, konteks memainkan peran penting dalam pengidentifikasian kata-kata di dalam teks.

Memiliki kemampuan menganalisa konteks adalah salah satu persyaratan dalam membaca kritis. Kontekstualisasi adalah sebuah strategi membaca kritis yang memungkinkan pembelajar bahasa membuat kesimpulan tentang pemilihan konteks historical maupun cultural untuk melihat perbedaan antara konteks didalam teks dengan konteks yang kita miliki.

2. Context Clues / Konteks sebagai Petunjuk

Kata-kata memiliki makna yang berbeda tergantung pada konteks. Contohnya kata banks, makna sebenarnya ditentukan oleh penggunaannya.

  • She placed all her money in the bank. (a place to deposit money)
  • The river bank overflowed from the storm. (the earth sides of a river)
  • A plane appeared out of the fog, banked , and stopped. (to tilt and cause to turn)

Dengan kata lain, sebuah kata akan menunjukkan makna sebenarnya ketika diletakkan didalam kalimat. Inilah yangdisebut makna secara konteks. Penelitian telah menunjukkan konteks dapat memberikan pengaruh yang besar pada perbendaharaan kata pembelajar. Belajar kosakata melalui konteks dipercaya lebih baik daripada belajar kosakata dengan menghapal urutan kata dan maknanya (list learning). Pertama karena konteks memberikan ruang yang lebih besar untuk menghubung-hubungkan materi pembelajaran sehingga dapat lebih bermakna. Kedua,konteks menyediakan sebuah situasi yang mirip dengan situasi belajar langsung (discovery learning). Petunjuk konteks memiliki beberapa kegunaan di dalam membaca:

  • Petunjuk dari konteks dapat membantu pembaca mendapatkan cara baca dan makna dari kata yang tidak diketahui didalam teks.
  • Petunjuk dari konteks juga dapat membantu dalam menentukan penekanan (accentuation) dari kata-kata yang mirip namun dalam konteks yang berbeda, atau penggunaan dalam tata bahasa yang berbeda juga akan mempengaruhi makna.
  • Konteks memberikan petunjuk dari makna kata-kata yang bervariasi berdasarkan subjek area yang digunakan.

 

Mengidentifikasi Hubungan-Hubungan Didalam Konteks

Setiap teks memiliki kohesi leksikal atau hubungan yang mengikat setiap kata-kata di dalamnya menjadi sebuah kesatuan. Hubungan itu antara lain ditunjukkan dengan adanya pronoun atau kata ganti, sinonim, antonym, kata hubung maupun sekedar pengulangan (restatement/repetition). Berikut adalah ilustrasi hubungan leksikal.

Clue Word & Definition Sentence
Synonym or Restatement Monition – warning of impending danger Tabloid newspaper must love to print the monitions of Nostradamus. It seems every other week his warnings of impending danger are on the front page
Antonym or Contrast Ignoble – not having high moral character To be a thief is to be ignoble. If one were a thief, having a strong moral character would not be important.
Example Altruistic – unselfish Many wealthy people take up altruistic cause for instance. Princess Diana worked to help people with AIDS, the poor, and the victims of land mines
General Sense of Passage Elevations – heights A climber must think about the harmful impact high mountain elevations can have on her body

 

1.  Synonyms atau Restatement

Sebuah sinonim adalah dua atau lebih kata-kata yang memiliki makna yang sama atau mirip. Saat seorang penulis menggunakan sebuah istilah yang sulit, mereka seringkali menggunakan juga sebuah sinonim untuk kata tersebut untuk membuat makna menjadi lebih jelas.

Contoh:

The old man was cantankerous. He was ill-tempered, mean and extremely quarrelsome.

Restatement atau pengulangan juga merupakan penyebutan kata yang sama dalam cara yang berbeda, biasanya dengan penjelasan yang lebih sederhana.

Contoh:

Polygamy, the practice of having many mates, is unlawful, in the United States.

2. Antonym atau Contrast

Antonim adalah sebuah kata yang memilki makna yang berlawanan. Sebuah makna yang berlawanan yang diletakkan dalam sebuah konteks akan memberikan petunjuk kontras kepada makna kata yangt idak diketahui. Kata hubung seperti ‘walaupun’, ‘tetapi’ dan ‘namun’ menjadi sinyal hubungan kontras ini.

Contoh:

The sea lion is a cumbersome animal on land, but in the water it is one of the most graceful

Example

Cara lain memberi petunjuk kepada pembaca dalam menemukan makna kata sulit adalah dengan menggunakan contoh. Seorang penulis dapat memberikan satu atau lebih contoh.  Contoh-contoh ini tidaklah  sama dengan sinonim. Kata-kata mengindikasi seperti, ‘ such as’, ‘including’, dan ‘consists of’. Tanda baca seperti colon (:) dan dash (-) juga dapat menjadi petunjuk pemberian contoh/example.

Contoh:

The river was full of noxious materials such as cleaning agents from factories and pesticides from the nearby farms.

General sense of Passage

konteks bukanlah sesuatu yang absolut ada didalam teks, namun kadang kala diciptakan sendiri oleh si pembaca. Dengan kata lain, pembaca memiliki kontribusi dalam membangun makna dari sebuah kata di dalam konteks.

Contoh:

The cat springs on the rat.

Kata ‘spring’ dalam kalimat diatas dapat ditebak maknanya karena kita dapat membangun makna berdasarkan logika umum dari kalimat tersebut. Kucing biasanya, dalam konteks nyata kehidupan, melakukan sesuatu yang menyakiti tikus. Jadi, kita telah menyempitkan makna dari spring disini; bahwa maknanya pastilah suatu aksi yang bernilai negatif. Beberapa ahli menganggap jenis petunjuk ini petunjuk yang datang dari pembaca sehingga mereka mengelompokkannya ke dalam pengetahuan awal atau prior knowledge

belajaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *