Reading for The Gist

Reading for The Gist

Reading for The Gist

Reading for the Gist secara sederhana dapat diartikan sebagai keterampilan/ strategi membaca dalam upaya untuk memahami intisari/pokok dari suatu teks bacaan tanpa harus membaca secara detail kata per kata dari teks bacaan tersebut. Reading for the Gist tidak selalu identik dengan cara membaca cepat, Reading for the Gist merupakan strategi hanya membaca inti sari/pokok informasi yang penting dari suatu teks bacaan.

Gist didalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai intisari atau pokok.  Ketika anda membaca Gist, artinya anda hanya ingin tahu text ini tentang apa secara umum. Untuk melakukan hal tersebut, anda tidak perlu membaca atau mengerti tiap kata, tentu akan menjadi hal yang baik membaca teks dengan mencari tahu intisari teks tersebut terlebih dahulu sebelum anda mencoba memahaminya secara keseluruhan.

Dalam mencari inti sari/pokok informasi dari suatu teks. Anda kadang kala tidak memerlukan perincian informasinya. Apabila anda membaca suatu teks panjang yang mendeskripsikan naik turun produk suatu perusahaan, anda mungkin hanya akan memerlukan intisari dari teks itu dalam bentuk diagram, chart, atau grafik. Anda, misalnya hanya perlu informasi apakah penjualan produk suatu perusahaan naik atau turun; bukan perincian kenaikan atau penurunannya.

Ilustrasi dalam teks, misalnya gambar, juga membantu anda dalam memahami intisari dari suatu bacaan. Cobalah anda membaca deskripsi panjang tentang seorang tokoh dalam suatu novel misalnya. Mungkin cukup sulit untuk mengingat secara detail deskripsi verbal tentang si tokoh. Namun anda dapat cukup mengingatnya dengan mengingat misalnya; si A jahat, si B baik, si C licik dsb.

Ambil contoh lain ketika sketsa pelaku peledakan bom Bali diumumkan polisi, pada dasarnya pihak kepolisian memberikan intisari informasi tentang banyak hal mengenai tersangka. Apabila diterangkan secara detail mungkin akan cukup panjang, karena polisi harus menyebutkan secara detail tentang ciri-ciri fisik pelaku. Dengan menerbitkan gambar, polisi telah membuat gist dari sebuah deskripsi tekstual tentang seseorang.

Tentunya dalam upaya memahami berbagai ragam teks, kita diharapkan memiliki keterampilan dan strategi yang tepat serta menguasai berbagai keterampilan membaca yakni previewing, scanning, guessing words, dan skimming dan tentunya memiliki minat dan mampu menikmati bacaan dalam bahasa inggris.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *