Penggunaan Used To

Penggunaan Used To

Used to bentuk waktu “simple past” (waktu lampau/yang sudah lewat) dari kata kerja “to use”, diikuti oleh infinitive, umumnya mengacu kepada sesuatu yang mengambil tempat berulang-ulang atauberkelanjutan di waktu lampau.

Pada contoh berikut, bentuk lampau dari “to use” dicetak tebal dan bentuk infinitifnya digaris bawahi. Bentuk lampau dari “to use” adalah “used”.

Contoh:

  • The boat used to operate every week.
  • They used to live on Duke Street.

Pada contoh pertama, penggunaan kata “used” yang diikuti oleh infinitif menunjukkan pada waktu lampau/yang lewat perahu (the boat) beroperasi setiap minggu tetapi sekarang sudah tidak beroperasi lagi. Pada contoh kedua, penggunaan “used” diikuti oleh infinitif menunjukkan bahwa mereka (they) pernah tinggal di Duke Street tetapi sekarang mereka tidak tinggal lagi di sana.

“To be used to”: Digunakan untuk mengungkapkan kebiasaan atau sesuatu yang membuat kita merasa nyaman atau terbiasa. Dalam hal ini “to be used to” digunakan seperti kata sifat.

  •  Rumus: Subject + (to be) + used to + gerund+ object.
  •  Contoh: I am used to reading before going to sleep.

“To get used to”: Digunakan untk mengungkapkan suatu hal dalam proses menjadi kebiasaan terhadap sesuatu.

  • Rumus: Subject +have (has) + gotten used to + gerund + object.
  • Contoh: I have gotten used to walking to work.

Contoh di atas menggunakan bentuk waktu “present perfect tense” untuk menunjukkan kejadian dimulai di waktu lampat dan (telah) berlanjut ke waktu sekarang (dalam hal ini terjadi proses menjadi nyaman atau membiasakan kebiasaan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *